Senin, 07 November 2011

HURU - HARA KIAMAT

Tanda-tanda kiamat salah satunya adalah keluarnya binatang melata yang bisa berbicara kepada manusia, dan binatang tersebut keluarnya dari dalam tanah. Untuk penjelasan thread ane tentang ini, mari kita baca isi dari buku :
Huru - Hara Hari Kiamat diterbitkan oleh AL-KAUTSAR


Quote:
Spoiler for Quran Surat An-Naml ayat 82:
وَإِذَا وَقَعَ ٱلۡقَوۡلُ عَلَيۡہِمۡ أَخۡرَجۡنَا لَهُمۡ دَآبَّةً۬ مِّنَ ٱلۡأَرۡضِ تُكَلِّمُهُمۡ أَنَّ ٱلنَّاسَ كَانُواْ بِـَٔايَـٰتِنَا لَا يُوقِنُونَ (٨٢)
Quote:
Artinya:"dan Apabila perkataan telah jatuh atas mereka, maka kami keluarkan sejenis binatang melata dari dalam bumi, yang akan menyatakan kepada mereka, bahwa sesungguhnya manusia dulu tidak yakin kepada ayat-ayat kami."
Quote:
Menurut Ibnu Abbas, Hasan dan Qtadah, binatang itu memang benar-benar berbicara kepada manusia. pendapat ini didukung oleh ibnu jarir, bahwa binatang utu memang berbicara kepada mereka, yakni mengatakan :"Sesungguhnya manusia dulu tidak yakin kepada ayat-ayat Kami."

Agaknya Ibnu jarir menceritakan tafsiran yang sama dari Athe' dan Ali. Tapi benarkah keduanya mengatakan seperti itu??? masih perlu penelitian.

Sementara itu ada diriwayatkan dari Ibnu Abbas, bahwa kata2 "tukallimuhum"(binatang itu berbicara kepada manusia}, maksudnya, binatang itu membeberkan identitas mereka, yakni menulis pada dahi orang kafir : dengan tulisan "kafir", dan pada dahi oran mukmin dengan tulisan : "mukmin".
Dan adapula riwayat dari Ibnu Abbas, bahwa maksudnya, binatang itu berbicara kepada manusia dan juga memberikan identitas mereka masing2. Tafsiran yang terakhir ini mencakup dua pendapat tersebut diatas. dan tentu saja merupakan tafsiran yang kuat dan baik, karena memuat kedua-duanya. Tapi hanya ALLAH jualah yang lebih tahu.
Quote:
Sepuluh Tanda Menjelang kiamat, termasuk binatang melata.

Diatas telah disbutkan hadist yang diriwayatkan oleh Ahmad, Muslim dan para penyusun kitab2 sunan, dari Abu Syarihah Hudzaifah bin Usaid, bahwa Rasulloh Shallallahu Alaihi wa Sallam berabda :

"kiamat takkan terjadi sebelum kamu melihat sepuluh tanda: terbitnya matahari dari barat, asap, binatang melata, munculnya ya'juj ma'juj, turunya Nabi Isa bin Maryam, Dajjal, tiga kali gempa, sekali dibarat, sekali di timur dan sekali lagi di jazirah Arab, api yang keluar dari sebuah juran di Aden, yang menggiring manusia-atau mengumpulkan manusia-. api tiu menginap bersama mereka di malam hari dan tetap menyala saat mereka tidur di siang hari."

Spoiler for meurut riwayat Muslim dan Abu Huraurah R.A:
Quote:
"cepat-cepat beramal sebelum terjadinya enam perkara: terbitnya matahari dari barat, munculnya dajjal, asap, binatang melata dari dalam bumi, urusan umum(kiamat) dan kematian setiap orang dari kamu sekalian."


Spoiler for Imam Muslim meriwayatkan pula dari Abdullah bin 'Amr:
Quote:
Imam Muslim meriwayatkan pula dari Abdullah bin 'Amr, bahwa dia berkata, Aku hapal dari Rasulloh S.A.W sebuah ahdist yang belum aku lupakan: Aku mendengar Rasulloh S.A.W. Bersabda:

"Sesunggihnya pertanda (kiamat) yang pertama muncul adalah terbitnya matahari dari barat dan keluarnya binatang melata mendatangi manusia pada maktu Dhuha. Mnapun dari keduanya yang lebih dulu terjadi, maka yang lainnya tidak lama lagi akan terjadi pula.["
Quote:
maksudnya, bahwa keduanya adalah yang pertama terjadi diantara tanda2 kiamat yang dianggap sangat luar biasa. karena tidak biasa dialami manusia, meskipun datangnya Dajjal, turunnya Nabi Isa A.S. dari langit, dan juga keluarnya ya'juj ma'juj telah terjadi sebelum itu. karena tiga2nya dianggap termasuk perkara yang lumrah yang biasa dialami manusia, lain halnya munculnua binatang melata dengan kelakuan aneh, yakni pandai berbicara dengan manusia dan menandai siapa yang mukmin dan siapa yang kafir ini memang luar biasa.

kalau binatang melata ini pertanda luar biasayang terjadi dibumi, maka terbitnya matahari dari barat adalah kejadian luar biasa, yang merupakan pertanda pertama yang terjadi dilangit...

Tidak ada komentar:

Posting Komentar